Analisis Model Virtual Flipped Classroom pada Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.103

Keywords:

Virtual Flipped Classroom; Flipped Classroom; Pendidikan Sekolah Dasar; Covid 19

Abstract

Virtual Flipped Classroom menjadi rekomendasi dari pemerintah saat diberlakukannya pembelajaran jarak jauh, selama masa pandemi COVID 19. Penerapan VFC juga dapat meningkatkan kemampuan abad 21 siswa saat ini untuk dapat berpikir kritis, berkreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi aktif. Penelitian ini berfokus untuk mengusulkan model VFC pada proses belajar mengajar pendidikan sekolah dasar. Adapun kajian teori yang terkait dengan flipped classroom dan strategi pembelajaran pendidikan sekolah dasar sudah dilakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya model VFC, dengan pengaktifan fitur breakdown pada zoom untuk mengganti suasana station in class secara virtual pada metode Flipped Classroom. Orang tua juga memilik peran penting dalam penerapan VFC di sekolah dasar. Ke depan, penelitian lebih dalam dapat dilakukan terhadap model ini untuk mengukur hasil pembelajaran siswa sekolah dasar.    

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-19