Digital Quotient Berlandaskan Tri Kaya Parisudha Dalam Menghadapi Digitalisasi Pendidikan Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.104Keywords:
Digital Quotient, Tri Kaya Parisudha, Digitalisasi PendidikanAbstract
Pengaruh covid-19 memberikan dampak pada transformasi teknologi pada pendidikan di Indonesia khususnya jenjang sekolah dasar. Teknologi informasi adalah kata kunci dalam pembelajaran daring ataupun jarak jauh selama pandemi covid-19 agar memungkinkan peserta didik belajar lebih baik, lebih cepat, dan lebih pintar. Guru dalam praktek pelaksanaan pembelajaran daring dan jarak jauh juga harus memiliki ICT literacy atau Digital Quotient yang memadai agar memudahkan proses pembelajaran sehingga guru memerlukan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi ICTnya. Namun disatu sisi kecerdasan digital perlu diimbangi dengan karakter yang tepat sehingga mampu mengontrol atau menyeleksi pengaruh-pengaruh negatif dari media digital. Salah satu hal yang dapat diakukan yaitu menyeimbangkan dengan Tri Kaya Parisudha. Dengan adanya penyeimbangan Digital Quotient berlandaskan Tri Kaya Pariisudha siswa sekolah dasar diharapkan dapat melek teknologi, namun tetap memiliki karakter yang baik dari pikiran, perkataan, mapun perbuatan, sesuai filosofi Tri Kaya Parisudha.