WhatsApp Video Conference: Alternatif untuk Pembelajaran Speaking Pada Kelas Bahasa Inggris Daring
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.106Keywords:
WhatsApp, video konferensi, pembelajaran daring, pembelajaran SpeakingAbstract
Perubahan secara cepat dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring sebagai efek dari pandemic COVID-19 yang melanda membuat guru dan siswa mengalami berbagai tantangan, salah satunya dalam pembelajaran Speaking pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran Speaking memerlukan kegiatan interaksi komunikatif, dan ini tidak mudah dilakukan di dalam pembelajaran daring. Keterbatasan terhadap akses Internet dan gawai serta ketidak siapan guru dan siswa menggunakan platform digital karena rendahnya digital literasi adalah beberafa faktor yang menghambat efektif dan efisiennya pembelajaran Speaking secara daring. Maka, studi kajian literatur ini mencoba menggali pandangan literatur terdahulu tentang penggunaan WhatsApp sebagai alternatif yang bisa merespon tantangan-tantangan tersebut. Terbukti bahwa WhatsApp dan fitur conference videonya serta berbagai keunggulan lainnya memang menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan yang tepat bagi guru untuk mengoptimalkan pembelajaran Speaking daring mereka. Beberapa implikasi juga diberikan untuk memaksimalkan penggunaan WhatsApp sebagai platform digital pembelajaran Speaking.