Konsep Pembelajaran Agama Hindu di Era Digital

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.96

Keywords:

Era Digital, e-learning, Pendidikan Agama Hindu

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menghadirkan gaya baru dalam setiap aktifitas manusia, begitu juga dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan di Indonesia termasuk pendidik agama Hindu pada saat telah memasuki era digital. Secara umum era digital dapat diartikan sebagai suatu masa yang sudah mengalami perkembangan dalam segala aspek kehidupan menjadi serba digital sehingga segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan efisien.  Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Hindu akan menjadi lebih bermakna dan efektif apabila seluruh komponen yang berpengaruh di dalamnya terutama untuk tenaga pendidik mampu mengikuti perkembangan zaman yaitu ke arah pemanfaatan digital. Pendidik agama Hindu dituntut untuk mampu bersaing dalam memanfaatkan teknologi dan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Melalui e-learning, seorang pendidik sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan harus mampu menggunakan aplikasi pembelajaran digital seperti Zoom, Google Meet, Discord, Google Suiter for Education, Edmodo, Kahoot dan Rumah belajar serta memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran agama Hindu diharapan menjadi lebih bermakna dan mampu menghasilkan generasi Hindu yang berkualitas serta unggul.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-19