Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.99Keywords:
KineMaster, Pembelajaran IPA, Learning Management System (LMS)Abstract
Hasil penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan aplikasi KineMaster dalam pembelajaran IPA melalui LMS di Program Studi PGSD. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: 1) Pengetahuan tentang Aplikasi KineMaster dari mahasiswa sangat tinggi sejumlah 82%, 2) Pembuatan Media Pembelajaran melalui Aplikasi KineMaster mudah diterapkan mahasiswa sejumlah 63%, 3) Kesulitan yang dihadapi dalam penggunaan Aplikasi KineMaster dalam hal pengembangan materi mencapai 38%, 4) Kemudahan mahasiswa dalam menampilkan video di LMS sejumlah 63%, dan 5) Hasil persentase kebermanfaatan penggunaan aplikasi KineMaster bagi Pembelajaran IPA sejumlah 89% dengan tingkat manfaat 76-100%. Dengan demikian, penerapan aplikasi KineMaster dapat digunakan dalam mengembangkan materi dan bahan ajar bagi para Dosen, Guru, dan Mahasiswa dalam kegiatan proses pembelajaran.