Penguatan Metode Dasa Dharma Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Spiritual di Pasraman Non Formal
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i5.146Keywords:
Kata Kunci : Metode Dasa Dharma, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan SpiritualAbstract
Penyelenggaran pasraman diharapkan dapat mengembangkan berbagai kecerdasan para brahmacari yang bermanfaat bagi masa depannya. Penelitian dalam bidang psikologi menyatakan bahwa keberhasialan masa depan anak ditentukan oleh 20% kecerdasan intelektualnya (IQ) dan 80 % ditentukan oleh integrasi dari kecerdasan intrapersonal, interpersonal, dan spiritual. Pengembangan kecerdasan ini dapat dilakukan dengan menguatkan penggunaan metode dasa dharma dalam proses pembelajaran di pasraman. Penerapan metode dharma carita, dharma wacana, dharma tula, dharma gita, dharma shanti, dharma kriya, dan dharma lila dapat difokuskan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal brahmacari. Sedangkan, pengembangan kecerdasan spiritual dapat dilakukan dengan penguatan penerapan metode dharma yatra, dharma sadhana, dan dharma brata. Melalui metode-metode ini, para acarya dituntut untuk mengkemas pembelajaran menjadi lebih sederhana dan bermakna.