Implementasi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Produktif Estimasi Biaya Konstruksi Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sunayah Sunayah SMK Negeri 2 Pangkalan Bun
  • Eka Aprilianty Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah
  • Mofit Saptono Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i5.158

Keywords:

Media Daring, Tatap Muka Terbatas, SMK, Pandemi Covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi penggunaan media daring dalam pembelajaran mata pelajaran produktif estimasi biaya konstruksi pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif  yang fokus pada evaluasi pembelajaran menggunakan media daring. Populasi penelitian diambil dari seluruh peserta didik SMK Negeri 2 Pangkalan Bun pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dengan menggunakan metode daring. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Pangkalan Bun yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian  menggambarkan bahwa peserta didik menggunakan platform daring sebagian besar didominasi  google classroom (83,3%), whatsApp group (76,7%) dan youtube (53,3%). Walaupun demikian peserta didik lebih banyak menyukai pembelajaran secara tatap muka (80%), karena menurut responden hasil penilaian tidak efektif dalam pelaksanaan belajar daring (43,3%). Untuk mengimplementasikan penggunaan media daring mata pelajaran produktif estimasi biaya konstruksi lebih baik lagi disarankan, (1) Selama pandemi Covid-19 diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan menggunakan protokol kesehatan; (2) penggunakan model blended learning bisa dilaksanakan sebagai pembelajaran kombinasi antara tatap muka dengan membatasi jumlah peserta didik dalam proses pembelajaran; (3) pemberian tugas harus disertakan proses cara kerjanya; (4) memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran yang sudah ditetapkan; (5) Selalu mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan; (6) Mengurangi intensitas penugasan saat pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-04