Implementasi Supervisi Klinis Di Masa Pandemi Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Guru SD

Authors

  • Wahyudi Triwiyanto
  • Yari Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i6.163

Keywords:

Implementasi, Supervisi klinis, pembelajaran, pandemi, SD

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan supervisi klinis di masa pandemi dalam pemecahan masalah pembelajaran guru SD di SD Triesa Unggul Wamena Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua. Penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dipergunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan kuesioner (survey). Pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan bahwa data memenuhi kredibilitas. Sedangkan   data dianalisi dengan mempergunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, bagaimana  data disajikan dan apa kesimpulannya.  Hasil penelitian menggambarkan bahwa implementasi supervisi klinis masih dapat dilakukan di tengah pandemi covid-19 dengan memodifikasi teknik supervisi klinis. Dan pada akhirnya, supervisi klinis yang dilakukan dapat memberikan bimbingan dan motivasi bagi guru untuk memecahkan masalah pembelajaran. Pendekatan supervisi klinis kepala sekolah memberikan ruang untuk guru mengikuti proses supervisi klinis, sehingga persoalan yang muncul dalam pembelajaran daring dapat ditemukan jalan keluar sehingga guru termotivasi untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih kreatif

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-14