Manajemen Promosi PPDB di Era Pandemi Covid-19 Berbasis Digital
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i6.166Keywords:
ajemen, Promosi, PPDB, DigitalAbstract
Dalam dunia usaha, promosi merupakan bagian terpenting yang harus dilakukan untuk meningkatkan dan meraih sebuah kesuksesan. Seorang pengusaha akan berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai bentuk promosi agar dapat menarik konsumen sehingga mendapat hasil yang maksimal. Di era revousi 4.0 setiap orang sudah tidak asing lagi dengan dunia digital terlebih pada masa pandemi covid-19 ini secara tidak langsung memaksa setiap orang untuk lebih menguasai teknologi. Demikian halnya pada dunia pendidikan juga terkena dampak adanya wabah covid-19 ini sehingga membuat sekolah untuk berinovasi dalam hal melakukan promosi untuk kegiatan penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen promosi penerimaan peserta didik baru berbasis digital di SD Santo Antonius 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Santo Antonius 02 Semarang telah melakukan manajemen promosi PPDB berbasis digital dengan baik dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada seperti website, facebook, instagram, dan whatsapp. Walaupun demikian SD Santo Antonius 02 Semarang dalam pelaksanaan manajemen promosi PPDB berbasis digital mengalami bebrapa kendala yaitu kepercayaan orang tua tentang protokol kesehatan pada dunia pendidikan masih kurang, adanya sekolah gratis, pengenalan lingkungan sekolah yang kurang maksimal, penguasaan IT orang tua, dan SDM pendidik yang masih rendah. Sehingga hal itu dapat menjadi penghambat keberhasilan Promosi PPDB Berbasi Digital di SD Santo Antonius 02 Semarang secara maksimal.