Implementasi Manajemen Perubahan Dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada Masa Pandemi Di SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga

Authors

  • Maria Marta Wulan Sukma Dewi UKSW

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i6.168

Keywords:

Supervisi Akademik, Pandemi Covid-19, Model Lewin

Abstract

Banyak perubahan yang terjadi akibat pandemi covid-19 terutama dalam hal pendidikan. Pembelajaran secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh, yang mengubah cara pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan menajemen perubahan menurut Model Lewin terhadap pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi di SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga, serta implementasi dari pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi di SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga dan hambatan apa saja yang dihadapi dan apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam yang dilakukan kepada kepala sekolah dan guru SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Hasil penelitian yang dilakukan adalah 1) bahwa pengelolaan menajemen perubahan menurut model Lewin terhadap perubahan pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi di SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga telah dengan baik dilakukan oleh kepala sekolah dengan tiga tahapannya yaitu mencairkan, perubahan dan membekukan kembali; 2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan baik secara terencana dan teratur mengikuti peraturan Pemerintah yang telah ditetapkan; 3) Hambatan yang ditemui terkait dengan pembelajaran secara sinkronus dan asinkronus yang memengaruhi instrumen penilaian dan upaya yang dilakukan adalah dengan pembuatan instrumen penilaian yang dapat digunakan dengan kedua cara pembelajaran baik sinkronus maupun asinkronus.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-14