Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society 5.0

Authors

  • Ni Putu Sri Pinatih Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.38

Keywords:

Society 5.0, Pembelajaran Menyenangan

Abstract

Perkembangan teknologi yang meningkat secara signifikan, termasuk aplikasi robotika yang semakin berkembang di kalangan masyarakat diyakini dapat menurunkan atau mengurangi peran semberdaya manusia yang ada. Permasalahan inilah yang menjadi latar belang lahirnya era society 5.0 atau revolusi industry 5.0. Negara yang pertama kali memperkenalkan society 5.0 adalah jepang. Konsep ini tidak jauh berbeda dengan era industri 4.0, hanya saja pada era society 5.0 lebih memperdayakan peran sumber daya manusia. Suatu bangsa perlu mempersiapkan diri untuk mengahadapi era society 5.0 salah satunya yaitu melalui dunia pendidikan. Dalam pendidikan tentunya tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik, dimana kegiatan pembelajaran tersebut bertujuan untuk membentuk tahapan berpikir menjadi lebih baik atau kritis sehingga terbentuk perubahan perilaku perilaku ke arah yang lebih positif. Seorang pendidik memiliki peranan yang sangat crucial dalam menentukan masa depan suatu bangsa. Karena seorang pendidik harus dapat membantu peserta didik untuk menemukan selusi dari permasalahan yang ada serta membuat inovasi-inovasi dari sember permasalahan tersebut. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat terus berinovasi dan semakin kreatif dalam kehidupan nyata. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik yang kreatif, inovatif dan berintegritas salah satunya yaitu dengan menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan melalui pemanfaatan perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30