Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Lokal Untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Umar Samadhy Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.40

Keywords:

bahan ajar tematik, berbasis lokal, membaca pemahaman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan bahan ajar tematik berbasis lokal untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVB SDN Wates 01. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menurut Sugiyono. Prosedur penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, dan uji pemakaian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumenasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji prasyarat, t-test, dan n-gain test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan skor penilaian komponen kelayakan isi materi 78.30% dengan kriteria layak, penilaian komponen kelayakan media 80.55% dengan kriteria layak, dan penilaian komponen kelayakan bahasa 82.14% dengan kriteria sangat layak. Dalam uji hipotesis menggunakan paired samples t-test, hasil kemampuan membaca pemahaman menunjukkan bahwa thitung (-10.578) > ttabel (-2.042), maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan kecerdasan kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan Bahan Ajar tematik Berbasis Lokal. Skor n-gain yang diperoleh adalah 0.535 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah Bahan Ajar Tematik Berbasis Lokal layak dan efektif untuk meningkatkan kemampauan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia Kelas IVB SDN Wates 01.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30