Kepemimpinan Transformasional Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Pembinaan Karakter

Authors

  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Ketut Erna Muliastrini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.44

Keywords:

Kata kunci: Kepemimpinan, Transformasional, Mutu Pendidikan, Karakter

Abstract

Kepemimpinan merupakan puncak kendali dalam suatu organisasi, dengan hadirnya seorang pemimpin yang mampu mentrasformasikan segala aktivitas dengan optimal akan memperlancar efektivitas dan efisiensi segala kegiatan yang dilaksanan bersama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Penelitian ini menyajikan tentang peningkatan mutu pendidikan dasar melalui kepemimpinan trasformasional. Kepemimpinan transformasional merupakan pilihan yang tepat bagi seorang pemimpin agar dapat mengoptimalkan kepemimpinannya dalam peraktik manajemen dunia pendidikan yang kian kompleks dan dinamis. Pendidkan kepemimpinan diperlukan untuk mempersiapkan calon pemimpin yang berkarakter dan bervisi kuat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data  adalah metode studi pustaka (Library Research). Data-data tersebut kemudian direduksi secara deduktif untuk kemudian dipadukan dan disesuaikan dengan konsep pendidikan dasar. Pembahasan hasil akan dipaparkan secara deskriptif. Kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan proses dan mutu manajemen pendidikan dasar dengan menjaga hubungan baik dengan para anggotanya, memotivasi mereka untuk terus berkembang, menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, memotivasi untuk memperjuangkan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi dan menjaga standar moral yang tinggi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-22