Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer Menuju Sekolah Unggul Dan Bermartabat Menyongsong Era 5.0

Authors

  • Putu Cory Candra Yhani IAHN-TP Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.55

Keywords:

Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Sekolah Unggul dan Bermartabat.

Abstract

Salah satu gambaran masyarakat 5.0 ditandai dengan adanya robot yang dibuat oleh manusia dan memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan tujuan membantu manusia.  Adanya peran-peran manusia yang tergantikan oleh kehadiran robot cerdas, dianggap dapat mendegradasi peran manusia. Secara sederhana, society 5.0 dapat diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Konsep ini menyebabkan manusia tidak kehilangan perannya dalam era digital. Manusia sebagai masyarakat tetap hidup sebagai pusat perdaban.  Tranformasi ini diharapkan dapat membantu manusia agar menjalani hidup yang lebih bermakna. Namun, apabila tidak disikapi dengan langkah yang baik, tentu akan merugikan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, manusia perlu berupaya untuk memaksimalkan masyarakat 5.0 ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan di Indonesia. Hal tersebut menjelaskan bahwa pentingnya kepemimpinan sebagai kunci keberhasilan sekolah dalam mengembangkan sekolahnya karena sekolah yang unggul dimulai dari pemimpin yang peduli terhadap perkembangan sekolahnya. Pemimpin dalam lembaga formal atau sekolah adalah kepala sekolah, Kepala sekolah yang profesional dalam manajemen pendidikan akan memberikan dampak positif dan perubahan yang cukup mendasar dalam pembaruan sistem pendidikan di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-22