Panca Upaya Sandhi : Teacher Leadership Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • I Komang Mertayasa
  • G.A Kristha Adelia Indraningsih Kementerian Agama Kabupaten Kapuas
  • Hesti Mustika Dewi Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.56

Keywords:

Panca Upaya Sandhi, Kepemimpinan, Guru, Covid-19

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik berperan sebagai pemimpin dalam pembelajaran melalui mata pembelajaran yang diampunya. Adanya pandemic covid-19 dan diberlakukannya kebijakan untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah (BDR) sangat dibutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Panca Upaya Sandhi merupakan salah satu ajaran yang menekankan pada upaya seorang pemimpin dalam menyelesaikan persoalan lembaga atau kelompok yang dipimpin. Usaha-usaha yang dimaksudkan tersebut dapat digunakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran pada era pandemic covid-19. Ajaran Panca Upaya Sandhi dalam teacher leadership pada masa Pandemi Covid-19 yaitu a). Maya; Guru terutama pada era pandemic covid-19 harus mengetahui segala permasalahan yang dihadapi pada peserta didik dalam pembelajaran; b).Upeksa; Guru diharapkan untuk memiliki kemampuan dalam meneliti dan melakukan analisis terhadap semua permasalahan peserta didiknya dan menempatkan secara profesional dan proporsional; c). Indra Jala; Guru dituntut untuk selalu kreatif dan berupaya dengan semaksimal mungkin sehingga kendala dalam proses pembelajaran dapat teratasi; d). Wikrama; Guru dituntut untuk mampu melaksanakan semua upaya penyelesaian dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta mengupayakan kenyamanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran; dan e). Logika; Guru dalam menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi dalam mengoptimalkan proses pembelajaran pada masa covid-19 harus dengan pertimbangan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-22