Interpretasi Multikulturalisme Agama Dan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.33363/sn.v0i2.66Keywords:
Kata Kunci: Interpretasi, Multikulturalisme, Agama, PendidikanAbstract
Makna multikultural dapat dipahami dari berbagai aspek kehidupan, tetapi lebih sering muncul ke permukaan ketika disentuh oleh pendidikan agama dan multikultural. Kaum pluralis dalam beragama selalu disebut-sebut meski masih banyak konflik yang dilakukan atas nama agama. Dalam dunia pendidikan, seperti halnya wacana pendidikan multikultural, teori, konsep, atau sejenisnya tidak sampai pada taraf siswa belum merealisasikan tindakannya dalam kehidupan yang seharusnya. Secara konseptual, hendaknya mungkin harus menggali makna kearifan lokal multikultural dalam ranah budaya, guna melestarikan budaya dan warisan lokal hingga tidak ditinggalkan begitu saja. Dalam tulisan ini menyoroti bagaimana multikultural tentang beragama dapat dipahami dalam ranah dan dalam ranah pendidikan bukan hanya sekedar wacana tetapi bisa diaplikasikan dalam memahami kehidupan berbangsa dan bernegara.