Pembelajaran ?nv?k?ik? dalam Upaya Memperkuat Bangunan Pengetahuan Hindu dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Filsafat Hindu Dewasa ini

Authors

  • Ni Kadek Surpi a:1:{s:5:"en_US";s:34:"UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar";}
  • I Gusti Putu Gede Widiana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Wika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Nikki Avalokitesvari Indonesia Defense University
  • I Made Gami Sandi Untara Indonesia Defense University

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i2.67

Keywords:

Ānvīkṣikī, Filsafat Hindu, Pengetahuan Hindu, tarka-vada

Abstract

?nv?k?ik?, The Science Of Inquiry, ilmu studi kritis dalam Hindu, berkembang menjadi ilmu logika dan seni debat. ?nv?k?ik? merupakan cahaya bagi pengetahuan, memperkuat bangunan keilmuan bahkan sebagai alat pembebasan. Setiap pelajar filsafat sejak jaman lampau, harus mempelajarinya guna memperkuat nalar dan logika untuk memahami berbagai aspek halus dari filsafat Hindu. Artikel ini menguraikan upaya pembelajaran ?nv?k?ik? dan relevansinya terhadap pembelajaran filsafat dewasa ini. Penelitian menggunakan metode kualitatif,  dengan teori interpretasi Paul Ricoeur dengan analisis data menurut pola analisis isi Ethnographic Content Analysis (ECA). ?nv?k?ik? merupakan kunci utama pengembangan pengetahuan Hindu sekaligus membangun kekuatan intelek bagi pembelajar filsafat. Namun sayang, justru pengetahuan penting ini belum mendapat perhatian bagi perguruan Tinggi Hindu di Indonesia yang merupakan penggerak obor pengetahuan. Pemahaman logika, nalar, analisis kritis sangat penting bagi pembangunan SDM Hindu. Terlebih kemampuan berdebat dan diskusi (tarka-vada) sangat penting dalam upaya membangun lingkar Cendekiawan Hindu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-16