Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0

Authors

  • Ni Ketut Erna Muliastrini
  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAHN Mpu Kuturan

DOI:

https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.91

Keywords:

Era Society 5.0, Karakter, Literasi Digital, Pendidikan Abad 21

Abstract

Dunia pendidikan tidak bisa terlepas dari literasi. Literasi digital menunjukkan konsep sebagai kemampuan dalam memahami dan menggunakan informasi . Literasi digital saat ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sekolah sudah semestinya menyediakan media pembelajaran dan sumber daya manusia yang memiliki literasi. Menggunakan media pembelajaran digital tentunya dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa, mampu mengarahkan individu mencari tahu sesuatu serta memecahkan berbagai permasalahan secara mandiri. Oleh karena itu, literasi digital bermuatan karakter perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan saat ini untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik dan lebih siap menghadapi era pendidikan society 5.0. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membangun karakter siswa sebagai peserta didik di berbagai jenjang pendidikan melalui literasi digital dalam pembelajaran untuk menghadapi pendidikan abad 21, memiliki pemahaman terhadap dimensi-dimensi literal digital tersebut dan dapat mengembangkan materi dan metode pembelajaran literasi digital di sekolah dan luar sekolah, dalam rangka menghadapi pendidikan abad 21 era society 5.0.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-19